Senin, 13 Desember 2010
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

1.    Standar Kompetensi
    Menggunakan internet untuk memperoleh informasi

2.    Kompetensi Dasar
    Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur

3.    Indikator Pencapaian  Hasil Belajar
a.    Menjelaskan prinsip browsing
b.    Menyebutkan langkah-langkah browsing
c.    Menyebutkan komponen untuk browsing
d.    Menyebutkan istilah-istilah pada internet
e.    Mengakses beberapa website

4. Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5. Pokok Bahasan
1.1  Pengantar
1.2  Pengenalan Browser
1.3  Komponen-Komponen  Browser
1.4  Istilah-Istilah pada Internet
1.5 Alamat Website

 A. Prosedur

Lakukan langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer seperti berikut :
1.    Cari ikon internet explorer  melalui menu star atau ikom internet explorer  di desktop.
2.    Menjalankan internet explorer dari menu start sebagai berikut.
•    Klik menu start
•    Pilihlah program
•    Pehatikan daftar program yang ditampilkan di layar
3.    Menjalankan internet explorer dari ikon internet  sebagai berikut.
•    Perhatikan ikon yang ditampilkan di layar
•    Cari ikon internet  explorer
•    Klik ikon internet  explorer

Untuk mengunjungi website  lakukan langkah-langkah berikut.
1.    Jalankan internet explorer.
2.    Klik di bar alamat untuk meletakan kursor mouse di bar alamat tersebut.
3.    Ketik alamat website  yang akan dikunjungi misalnya www.yahoo.com. kemudian tekan tombol enter di keyboard.
4.    Tunggu  website  yang dimaksukkan amati apa yang ditampilkan ?
5.    Klik link yang terda[pat dihalaman web tersebut sesuai dengan informasi yang diinginkan

Langkah-langkah untuk mengaturnya adalah sebagai berikut :
(1)    Klik menu start klik setting.
(2)    Klik contol panel dan amati yang ditampilkan.
(3)    Cari icon internet options lalu klik icon tersebut, dan amati yang ditampilkan.
(4)    Klik tab General.
(5)    Dibagian Home page  di kotak teks Address masukkanlah alamat website  yang ingin Anda  buka setiap kali browser  Anda  jalankan misalnya : www.Google.com. Bila menginginkan agar browser  tidak membuka website  tertentu pada saat dijalankan, klik tombol use blank.
(6)     Klik tombol OK.

Langkah-langkah untuk menjalankan beberapa jendela browser  adalah sebagai berikut
(1)    Jalankan browser  dan masukkan alamat website  pertama yang Anda  kunjungi, misalnya : www.plasa.com
(2)    Sebelum plasa.com ditampilkan klik menu file  pilih new dan klik windows. Sebuah jendela browser  yang baru akan ditampilkan. 
Jendela browser  baru juga dapat ditampilkan dengan menekan tombol Ctl + n pada keyboard.
(3)    Klik tombol stop pada jendela browser  yang baru.
(4)    Masukkan alamat website  kedua yang Anda  kunjungi misal,  www.Google.com.
(5)    Lakukan kembali jika Anda  ingin membuka website  yang lain.
(6)    Bila Anda  ingin kembali ke jendela pertama klik tab jendela tersebut di taskbar.

Langkah- langkah untuk menambah daftar website sebagai berikut.
(1)    Menampilkan jendela browser  dengan website  yang ingin ditambahkan ke favorites di layar monitor.
(2)    Klik tombol favorites Task pane Favorites yang ditampilkan di jendela browser.
(3)    Klik tombol add pada kotak  dialog add favorites akan ditampilkan.
(4)    Di kotak teks name,  beri nama dari alamat website  yang ingin Anda  tambahkan ke favorites.
(5)    Untuk memilih folder tempat penyimpanan klik tombol create in maka kotak dialog add favorite akan diperlebar.
(6)    Pilihlah folder penyimpanan. Bila Anda  ingin membuat folder baru klik tombol new folder.
Kotak dialog create new folder akan ditampilkan kemudian beri nama folder tersebut.
(7)    Klik tombol ok agar Alamat website  yang Anda  pilih akan ditambahkan ke favorite di folder yang Anda  pilih.

Menampilkan Website  yang alamatnya sudah Anda  simpan di favorites Anda  dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1.    Klik tombol favorite.
Task pane favorites akan di tampilkan.
2.    Klik folder dimana Anda  menyimpan alamat yang Anda  ingin tampilkan.
3.    Klik nama dari lamat yang Anda  ingin tampilkan website  tersebut akan ditampilkan di browser.

Llakukan langkah- Langkah-langkah untuk mengatur alamat website  yang terdapat di favorites adalah sebagai berikut.
(1)    Klik tombol favorites toolbar.
Task pane favorites akan di tampilkan.
(2)    Klik tombol organize.
Kotak dialog organize favorites akan di tampilkan.
(3)    Lakukanlah pengaturan-pengaturan berikut.
a.    Membuat folder baru
i.    Bila Anda  ingin membuat sebuah folder baru klik create folder.
Sebuah foder baru akan ditambahkan.
ii.    Ganti nama new folder sesuai dengan keinginan Anda.
b.    Menghapus folder atau alamat website.
i.    Pilih folder atau website  tersebut.
ii.    Klik tombol delete.
Konfirmasi penghapusan akan ditampilkan.
iii.    Klik yes.
c.    Memindahkan folder atau alamat website  ke folder yang lain pilihlah alamat folder atau alamat website  tersebut.
i.    Klik tombol move folder.
Kotak dialog browse for folder akan ditampilkan.
ii.    Pilih folder tempat kemana folder atau alamat akan dipindahkan.
iii.    Klik tombol ok.
Folder atau alamat yang Anda  pilih akan dipindahkan ketempat baru tersebut.

d.    Mengubah nama folder atau alamat website.
i.    Klik rename.
ii.    Berinama baru.
(4)    Untuk menutup kotak dialog organize favorites klik tombol close.

Langkah-langkah untuk melihat alamat website  yang Anda  kunjungi terakhir kali adalah sebagai berikut.
(1)    Klik tombol history di toolbar.
Task pane history akan di tampilkan.
(2)    Di task pane klik waktu yang Anda  inginkan misalnya seminggu terakhir (last week).
Daftar nama website  minggu lalu akan ditampilkan.
(3)    Pilih dan klik website  yang terdapat di history jika Anda  ingin menampilkan website  tersebut.

B. Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini!
1.    Elemen yang biasanya terdapat pada mesin pencari, antara lain ialah ......
................................................................................................................................
................................................................................................................................

2.    Simbol AND yang digunakan dalam untuk kunci pencarian diwakili dengan karakter ......................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................
 
3.    Kemampuan Google antara lain ialah ……………………………………….
................................................................................................................................
................................................................................................................................

4.    Yang ditampilkan di halaman web hasil pencarian adalah ………………..
................................................................................................................................
................................................................................................................................

5.    Fitur pencarian yang terdapat di Google adalah……………………………
................................................................................................................................
................................................................................................................................

6.    Fungsi pencarian yang dapat Anda  gunakan untuk mencari dua kata dengan arti yang sama adalah ..........................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................

7.    Tombol print this image akan ditampilkan apabila ……………………....
................................................................................................................................
................................................................................................................................

8.    Kotak dialog yang ditampilkan pada saat Anda  menyimpan halaman web adalah ..........................................................................................................
................................................................................................................................
................................................................................................................................

9.    Tombol Download terdapat di kotak dialog ………………………………….
................................................................................................................................
................................................................................................................................

10.    Tombol Open File terdapat di kotak dialog …………………………………
................................................................................................................................
................................................................................................................................


KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

1.    Standar Kompetensi
Menggunakan Internet untuk memperoleh informasi

2.    Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet

3.    Indikator Pencapaian  Hasil Belajar

a.     Menjelaskan prinsip e-mail
b.     Membuat e-mail
c.     Menggunakan fasilitas e-mail
d.     Menggunakan fasilitas kartu elektronik
e.     Menggunakan fasilitas mailing list
f.     Menyebutkan beberapa istilah dan simbol chatting
g.     Menjelaskan dampak chatting
h.     Mengenal beberapa perintah mIRC

4.    Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5.    Pokok Bahasan
2.1  Pengantar
2.2  E-mail
2.3  Mengelola Kartu Elektronik
Rangkuman

A. Prosedur

Lakukan langkah-langkah untuk login e-mail sebagai berikut :
1.    Isilah pendaftaran e-mail misal plasa.com, kemudian lengkapilah data Anda pada aplikasi yang disediakan setelah sukses, klik e-mail.
2.    Memasukkan user id dan password di kotak teks yang disediakan.
3.    Klik tombol login
4.    Jika user id dan password yang Anda  masukkan benar atau sesuai, maka proses login akan sukses. Jika salah atau tidak sesuai maka Anda  akan diminta  memasukkan user id dan password yang benar.
5.    Setelah Anda   login, tentu Anda   melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, membaca dan membalas e-mail. Apabila Anda   sudah selesai menggunakan fasilitas dengan e-mail dan akan mengahirinya, maka Anda   harus menutup account e-mail.
6.    Menutup account e-mail biasa disebut dengan logout sebagai berikut :
6.1    Carilah tombol atau teks link logout di halaman web.
6.2    Klik tombol atau teks link tersebut.
6.3    Tunggu sampai halaman web menampilkan proses telah selesai.

Lakukan langkah-langkah untuk menulis dan mengirimkan e-mail sebagai berikut : 
1.    Lakukan login ke account  e-mail, misal Anda salah sebagai siswa SMP SBI.
2.    Masukkanlah user id dan password dan klik login.
3.    Isilah alamat e-mail penerima dan subjek dari e-mail yang akan Anda  kirim.
4.    Ketiklah isi e-mail.
5.    Setelah selesai menulis isi e-mail, kliklah tombol kirim.
Bila pengiriman e-mail sukses, maka akan ditampilkan halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail Anda  sudah dikirim. E-mail Anda  akan dikirim ke alamat e-mail sesuai dengan alamat e-mail yang Anda  masukkan.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuka e-mail :
1.    Lakukan login ke account e-mail Anda.
2.    Masukkanlah user id dan password dan klik login. 
3.    Klik kotak surat. 
4.    Klik teks link   kotak surat.
5.    Untuk membaca surat, klik dua kali di nama pengirim e-mail tersebut. Isi surat akan ditampilkan.
6.    Setelah Anda  membaca e-mail yang Anda  pilih. Anda  dapat membaca surat dengan cara mengklik teks link. Demikian seterusnya atau kembali melihat daftar surat yang masuk dengan cara mengklik tombol back di tool bar atau mengklik teks link  kotak surat.

Berikut ini langkah-langkah menjawab e-mail sebagai berikut :
(1)    Setelah membaca e-mail, klik link  Reply.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)    Pada kotak teks To, nama dan alamat e-mail ke mana Anda  akan membalas e-mail langsung diisikan.
(3)    Ketiklah isi surat yang menjadi jawaban Anda .
(4)    Klik tombol kirim.
Amati Halaman web yang ditampilkan.

Berikut ini langkah-langkah meneruskan e-mail.
(1)    Buka dan bacalah e-mail.
(2)    Klik teks link  Forward.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3)    Masukkanlah alamat e-mail yang ingin Anda  tuju.
(4)    Ketiklah isi surat jika Anda  ingin menambahkan e-mail dengan kata-kata Anda  sendiri.
(5)    Klik tombol kirim.
(6)    Jika proses pengiriman berjalan lancar, halaman web yang menyatakan pengiriman telah selesai dilakukan.
Amati Halaman web yang ditampilkan.

Langkah-langkah untuk mengirimkan file  melalui e-mail adalah sebagai berikut.
(1)    Klik teks link  kemudian tulis surat.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)    Isikan alamat e-mail penerima dan subjek e-mail.
(3)    Ketik isi e-mail.
(4)    Di bawah isi surat, cari dan klik tombol browse.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)    Cari dan kemudian pilih file  yang ingin disertakan di e-mail, misalkannya file  gambar (.jpg).
(6)    Klik tombol open.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7)    Di bagian bawah, Anda  dapat melihat path dan nama file  yang disertakan dalam e-mail tersebut. Jika masih ada file  yang ingin diikutkan, klik tombol browse yang ke dua.
(8)    Klik tombol kirim untuk mengirimkan e-mail bersama dengan file  attachment nya.
Amati Halaman web yang ditampilkan.

Berikut ini langkah-langkah membuka file  attachment.
(1)    Bukalah e-mail yang memuat file  attachment.     
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(2)    Perhatikan di bawah teks isi e-mail, Anda  dapat melihat nama file  yang disertakan dalam e-mail tersebut.
(3)    Klik kanan di nama file  attachment.
(4)    Klik Save As Target.
Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)    Tentukan folder di mana Anda  menyimpan file  tersebut. Nama file  attachment akan diberikan sesuai dengan nama file  aslinya. Anda  dapat mengganti nama file  tersebut jika Anda  menghendaki.
(6)    Klik tombol save.
(7)    Tunggu proses penyimpanan file  sampai tuntas.
(8)    Klik tombol open untuk membuka file  tersebut, klik tombol open folder untuk membuka folder di mana file  tersebut disimpan atau klik close untuk menutup kotak dialog download complete.
(9)    Jika file  yang disertakan lebih dari satu, lakukan hal yang sama untuk file  yang lain.

Langkah-langkah untuk mengirimkan kartu elektronik adalah sebagai berikut.
(1)    Tampilkanlah website  plasa.com di jendela browser.
(2)    Cari dan klik teks link  e-kartu di halaman web.
    Amati Halaman web yang ditampilkan.
(3)    Masukanlah user id dan password, kemudian klik tombol login.
    Amati Halaman web yang ditampilkan.
(4)    Pilihlah kategori kartu yang ingin Anda  gunakan. Hari-hari khusus bisnis, Hari istimewa dan sebagainya. Misalkan Anda  memilih ulang tahun yang terdapat dikategori hari istimewa.
    Amati Halaman web yang ditampilkan.
(5)    Dihalaman web akan ditampilkan berbagai kartu sesuai dengan kategori yang Anda  pilih. Pilihlah kartu yang menurut Anda  menarik.
    Amati Halaman web yang ditampilkan.
(6)    Gerakkan scroll bar vertical untuk melihat bagian bawah.
    Amati Halaman web yang ditampilkan.
(7)    Isilah data-data kartu elektronik yang akan di kirim, lengkapi dengan musik pengiring. Musik pengiring yang digunakan dapat dipilih dari daftar yang ada
(8)    Untuk memperindah tampilan kartu,  dapat menambahkan emoticon pada kartu. Caranya adalah dengan mengklik icon emoticon disamping kotak teks.
Jendela browser  untuk emoticon akan ditampilkan
(9)    Pilihlah emoticon yang ingin Anda  tambahkan dengan cara mengkilknya.
(10)    Kembali ke halaman web.
(11)    Bila tidak ada lagi data-data dan emoticon yang ingin kita tambahkan, klik tombol kirim di halaman web.
Halaman web yang menampilkan kartu hasil pengaturan yang Anda  buat akan ditampilkan.
(12)    Jika tampilan kartu yang diinginkan belum sesuai dengan keinginan, dapat diatur kembali dengan cara mengklik tombol back, dan  jika ingin mengirimkan kartu klik tombol kirim kartu.
Kartu yang Anda  buat akan di kirim, tunggu sampai proses pengiriman selesai dan halaman web yang menyatakan pengiriman kartu sudah selesai di tampilkan.

Untuk membuka kartu elektronik Anda  dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut.
(1)    Masuk ke kotak surat.
(2)    Di kotak surat, Anda  akan mendapati e-mail yang memberi tahu Anda  mendapatkan kartu elektronik.
(3)    Buka e-mail tersebut.
Isi dari e-mail akan ditampilkan dari e-mail Anda  akan menemukan alamat URL dari kartu elektronik yang dikirim kepada Anda.
(4)    Klik alamat URL tersebut.
Kartu yang dikirim kepada Anda  akan ditampilkan.

Langkah-langkah untuk membuat milis  di plasa groups sebagai berikut.
(1)    Tampilkan plasa.com pada browser  internet explorer.
(2)    Pada bagian atas plasa.com, klik teks link  milis .
Halaman web untuk memulai membuat milis  akan ditampilkan. Halaman web tersebut juga dapat ditampilkan dengan mengetik http://groups.plasa.com pada address bar internet explorer.
(3)    Masukkan user id dan password.
(4)    Klik login.
Halaman web untuk langkah selanjutnya akan di tampilkan.
(5)    Pada halaman web yang ditampilkan Anda  akan melihat berbagai kategori milis  yang harus dipilih.
(6)    Pilihlah kategori milis  yang akan Anda  buat.
Pada halaman web yang muncul pilihlah sub kategori yang Anda  buat.
(7)    Klik teks link  milis  dalam kategori ini halaman web untuk mengisi data-data milis  akan ditampilkan.
(8)    Isikan data-data milis  kemudian klik tombol buatkan milis  .
Halaman web untuk mengkonfirmasikan data-data yang sudah Anda  isikan akan ditampilkan.
(9)    Perhatikan kembali data-data yang sudah Anda  isikan. Anda  dapat mengklik tombol ulangi untuk mengaturnya kembali jikas pengaturan yang Anda  buatkan sudah selesai klik tombol buatkan milis .
Tunggu sampai halaman web yang menyatakan pembuatan milis  sudah selesai ditampilkan.

Berikut ini contoh bagaimana mendaftar menjadi anggota sebuah milis. Dalam hal ini mendaftar menjadi anggota milis  yang sudah Anda  buat.
(1)    Masuklah ke login alamat e-mail Anda.
(2)    Klik teks link  tulis surat.
(3)    Masukkan alamat e-mail untuk mendaftar ke milis  tersebut ke kotak teks to subjek beserta isi surat kosongkan saja.
(4)    Klik tombol kirim.
Setelah pesan terkirim maka Anda  akan menerima sebuah e-mail untuk konfirmasi pendaftaran milis  yang Anda  lakukan.
(5)    Bukalah e-mail tersebut.
Isi e-mail akan ditampilkan.
(6)    Anda  akan diminta untuk membuka link  yang terdapat diisi surat untuk mengkonfirmasikan pendaftaran Anda.
(7)    Klik link  tersebut.
Sebuah jendela internet explorer baru akan dibuka dan menampilkan halaman web yang memberitahukan pendaftaran Anda  sebagai anggota milis  telah selesai.
(8)    Anda  juga akan menerika sebuah e-mail yang menyatakan proses pendaftaran.
Anda  menjadi anggota milis  telah selesai.

Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut :
(1)    Masuk ke kotak surat e-mail.
(2)    Klik teks link  tulis surat untuk membuat sebuah e-mail.
(3)    Di kotak teks To isikanlah alamat untuk berhenti menjadi anggota dari milis  yang Anda  ikuti.
(4)    Kosongkan subjek dan isi surat.
(5)    Klik tombol kirim.
Anda  akan menerima e-mail yang memberitahukan bahwa Anda  sudah keluar dari milis.

Langkah-langkah untuk menginstall mIRC adalah sebagai berikut.
(1)    Carilah file  install mIRC yang sudah Anda  download.
(2)    Klik dua kali di file  tersebut.
Kotak dialog installasi akan ditampilkan.
(3)    Klik tombol Next.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(4)    Di kotak dialog persetujuan, Klik tombol Yes.
Langkah selanjutnya akan ditampilkan.
(5)    Pada langkah selanjutnya Anda  diminta menemukan folder dimana program mIRC akan di-install. Secara default, mIRC akan di-install di C:\Program file \mIRC. Jika Anda  ingin meng-install di folder lain klik tombol browse dan tentukan folder peng-install-an, jika tidak klik tombol install.
(6)    Proses peng-install-an mIRC akan ditampilkan, tunggu sampai proses selesai.
(7)    Jika proses install sudah selesai, klik tombol finish.
Sebuah jendela file -file  mIRC akan ditampilkan.

  Langkah –langkah untuk menjalankan mIRC dengan menggunakan menu Start sebagai berikut.
(1)    Dari menu start, klik program,  Cari mIRC, klik mIRC.
Jendela mIRC akan ditampilkan.
(2)    Bila program mIRC yang Anda  gunakan belum terdaftar, maka kotak dialog About mIRC akan ditampilkan.
(3)    Klik tombol Register jika ingin mendaftarkan terlebih dahulu, atau klik tombol Continue.
Jika Anda  mengklik tombol Register online now. Anda  akan dihubungkan ke pendaftaran online di website  www.mIRC.com. Anda  akan membayar dengan menggunakan kartu kredit.
(4)    Di  kotak dialog mIRC Option, masukkanah data-data dan nickname yang ingin Anda  gunakan.
Nickname merupakan nama yang akan ditampilkan pada saat Anda  chatting.
(5)    Di kotak daftar Category, Klik server.
Anda  akan diminta memilih server , kemudian klik tombol Connect to server.
(6)    Tunggu sampai komputer Anda  terhubung ke server yang Anda  pilih. Status koneksi ke server dapat Anda  lihat di jendela status.
Kotak dialog mIRC Favorites akan ditampilkan.
(7)    Masukan nama chanel di kotak teks enter a channel name and click join, kemudian klik tombol Join, atau pilihlah channel di mana Anda  ingin mencari teman chatting di kotak daftar Or select a channel from the list below, kemudian klik tombol Join.
Jendela channel yang Anda  pilih akan ditampilkan.
(8)    Di bagian kanan jendela yang ditampilkan, Anda  dapat melihat daftar nama yang ada di channel tersebut.
(9)    Pilihlah salah satu nama dari daftar nama tersebut, klik dua kali di nama tersebut.
Jendela chatting  akan ditampilkan.
(10)    Di bagian bawah jendela tersebut, ketik teks yang ingin Anda  sampaikan kepada teman chatting untuk memulai pembicaraan.
Tunggu sampai orang yang Anda  aja ngobrol membalasnya.
(11)    Anda  dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus.
Masing-masing orang akan memiliki jendela sendiri di layar monitor Anda. Jika ingin chatting dengan chatter berikutnya, dapat memilih lagi di daftar nama yang terdapat di channel. Anda  juga chatting di beberapa channel sekaligus.

B.  Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini!
1.    Orang yang melakukan kegiatan Chatting disebut ...............................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

2.    Simbol-simbol emosi yang digunakan di chatting disebut ...................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

3.    Simbol emosi yang berarti cemberut adalah ........................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

4.    Tindakan yang dianggap melanggar etika chatting adalah ................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

5.    Manfaat yang dapat Anda  peroleh dari chatting adalah ....................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

6.    Dampak buruk dari chatting adalah sebagai berikut, .........................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

7.    Selain menggunakan perintah/nick, Anda  juga dapat menganti nama nick dengan cara menjalankan perintah change nick. Perintah tersebut dijalankan dari menu …………………………………………………………………………
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

8.    Perintah untuk menampilkan daftar channel yang ada di sebuah server adalah .........................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

9.    Perintah untuk keluar dari sebuah channel adalah .............................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

10.    Program mIRC dapat Anda  download secara gratis di internet dan kemudian Anda  gunakan selama 30 hari. Namun, setelah itu Anda  harus mendaftar. Program seperti ini dikenal dengan istilah ................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

11.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan IRC!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

12.    Jelaskan apa saja yang Anda  butuhkan agar bisa chatting!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

13.    Sebutkan apa saja etika chatting yang harus Anda  jaga pada saat chatting!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................


14.    Sebutkanlah dampak buruk dari chatting!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

15.    Sebutkan tiga buah jendela yang terdapat di jendela mIRC beserta fungsinya!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

16.    Sebutkan dua macam susunan jendela yang dapat Anda  gunakan untuk mengatur jendela-jendela di mIRC!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

17.    Sebutkan langkah-langkah untuk mengganti nickname!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

18.    Jelaskan mengapa Anda  perlu berhati-hati untuk menerima file yang dikirim oleh chatter lain!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

19.    Jelaskan untuk apakah perintah/list digunakan!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

 
KEGIATAN PEMBELAJARAN 3


1.    Standar Kompetensi
    Memahami dasar-dasar penggunaan  internet

2.    Kompetensi Dasar
    Menjelaskan pengertian dasar Internet

3.    Indikator Pencapaian  Hasil Belajar
a.    Menjelaskan prinsip mesin pelacak
b.    Menyebutkan beberapa menis pelacak informasi
c.    Mengelola informasi dari mesin pelacak
d.    Mengenal pengertian dan bentuk cybercrime
e.    Mengenal prinsip keamanan data dan informasi
f.    Mengenal uapaya penanggulangan cybercrime
g.    Mengenal beberapa jenis virus komputer
h.    Mengenal beberapa penanggulangan virus dengan antivirus komputer

4.    Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran

5.    Pokok Bahasan
3.1. Pengantar
3.2  Mesin Pelacak Informasi
3.3  Mengelola Informasi dari Internet
3.4  Mendownload File
3.5  Mengcopy dan Paste
3.6  Cybercrime dan Keamanan Data
3.7  Virus Komputer dan Internet
Rangkuman

A. Prosedur

    Langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan kata tertentu adalah sebagai berikut.
(1)    Aktifkan Internet Explorer, kemudian masuk ke alamat website  mesin pencari, misal www.Google.com. 
(2)    Amati tampilan jendela Browser ,  ketik kata kunci misal “teknologi” pada kotak tema. 
(3)     Amati tampilan jendela Browser,  ketik kata kunci misal “teknologi” pada kotak tema. 
(4)    Amati hasil pencarian, catat :
    Dokumen yang ditampilkan di layar adalah ....... buah  dari .................... dokumen yang dicari.
    Pencarian dilakukan dalam tempo ...............  detik.

Lakukan langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan frase tertentu sebagai berikut.
1.    Tampilkan mesin pencari Google di browser.
2.    Isikan frase yang akan dicari dalam kotak  tema  dengan diapit tanda misal “teknologi informasi”. 
3.    Klik tombol eksekusi cermati hasil pencarian.
4.    Amati hasil pencarian, catat :
4.1    Dokumen yang ditampilkan di layar adalah ....... buah  dari .................... dokumen yang dicari.
4.2    Pencarian dilakukan dalam tempo ...............  detik.
   
Lakukan langkah-langkah untuk membuka halaman web sebagai berikut.
1.    Pilihlah halaman web hasil pencarian yang ingin ditampilkan.
2.    Klik kanan diteks link dari webside yang ingin ditampilkan.
3.    Pada menu yang muncul, Klik Open untuk membuka halaman web di jendela browser yang aktif atau klik Open in New Window untuk membuka halaman web di jendela browser yang baru.
4.    Amati hasil pencarian, catat :
4.1    Halamat yang dihasilkan dalam format .....................
4.2    Jumlah halaman adalah ............... .

Lakukan langkah-langkah untuk menyimpan halaman web sebagai berikut.
1.    Dari menu File, klik Save. Kotak dialog Save Web Page akan ditampilkan.
2.    Tentukan Folder penyimpanan dikotak pilihan Save In.
3.    Dikotak isian File name,browser akan memberikan nama file dari halaman web yang akan disimpan secara otomatis. Anda  dapat mengganti nama file tersebut sesuai dengan keinginan Anda . Untuk memudahkan mengingat apa isi dari halaman web yang Anda  simpan, sebaiknya Anda  memberi nama file yang berhubungan dengan informasi yang ada didalamnya.
4.    Klik tombol Save.
5.    Amati hasil pencarian, catat :
5.1    Halamat yang disave dalam format .....................
5.2    Jumlah halaman yang disave adalah ............... .
5.3    Letak file yang disave di .............................
5.4    Nama file ....................................

Lakukan langkah-langkah untuk menyimpan gambar web sebagai berikut.
1.    Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akandisimpan. Toolbar gambar akan ditampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
2.    Klik tombol Save this image. Kotak dialog Save Picture akan ditampilkan.
3.    Pilihlah folder penyimpanan di kotak drop-down Save in.
4.    File gambar tersebut akan diberi sesuai dengan nama file aslinya. Anda  dapat mengganti nama file tersebut.
5.     Klik tombol Save.
6.    Amati hasil pencarian, catat :
6.1    Halamat yang disave dalam format .....................
6.2    Jumlah halaman yang disave adalah ............... .
6.3    Letak file yang disave di .............................
6.4    Nama file ...................................

(1)    Dari menu File.
Kotak dialog Print akan ditampilkan.
(2)    Klik Print.
Kotak dialog Print akan ditampilkan.
(3)    Pilihlah printer yang digunakan.
(4)    Atur pencetakkan halaman web yang akan dilakukan.
(5)    Klik tombol Print.
Halaman web akan dicetak.
(6)    Klik tombol Print. Halaman web akan dicetak.

Lakukan langkah-langkah untuk mendownload file sebagai berikut.
(1)    Kliklah teks di mana file  tersebut di-link .
Kotak dialog file  download akan ditampilkan.
(2)    Anda dapat membuka langsung file  yang akan di-download tersebut dengan mengklik tombol Open. Jika Anda  ingin men-download file  tersebut, klik tombol Save.
Kotak dialog Save As akan di tampilkan.
(3)    Tentukan folder penyimpanan file  yang akan didownload tersebut. Secara otomatis, nama file  yang akan diberikan akan sama dengan nama file  asli dari file  yang di-download tersebut. Namun, jika Anda  ingin mengganti, Anda  dapat memberi nama file  yang baru di kotak pilihan File  name.
(4)    Klik tombol Save untuk memulai proses download file.
Kotak dialog proses pen-download-an akan ditampilkan.
(5)    Tunggu sampai proses ownload file  selesai.
(6)    Klik tombol Open untuk membuka file  yang sudah di-download.
(7)    Klik tombol Open Folder untuk membuka folder di mana file  tersebut ditempatkan atau klik Close untuk menutup kotak dialog.

B. Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini!
1.    Jelaskan langkah-langkah untuk membuka halaman web (di jendela browser yang baru) hasil pencarian dari mesin pencari!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

2.    Jelaskan langkah-langkah untuk menyimpan sebuah halaman web yang ditampilkan di browser!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

3.    Jelaskan alasan mengapa Anda  perlu menyimpan halaman web ke harddisk!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

4.    Sebutkan tombol apa saja yang muncul apabila Anda  meletakan pointer mouse di atas sebuah gambar yang terdapat di halman web.
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

5.    Jelaskan langkah-langkah men-download sebuah file dari halaman web!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

6.    Apakah yang dimaksud dengan virus?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................


7.    Jelaskan bagaimana virus komputer dapat menyebar!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

8.    Jelaskan mengapa virus komputer berbahaya!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

9.    Apakah yang dimaksud dengan antivirus, dan bagaimanakah cara antivirus bekerja?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

10.    Sebutkanlah hal-hal yang dapat Anda  lakukan untuk menghidari risiko serangan virus!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

11.    Jjelaskan mengapa hukum biasa seringkali tidak dapat di terapkan untuk menghukum pelaku kejahatan di internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

12.    Jelaskan perbedaan hacker dan cracker!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

13.    Sebutkan beberapa tekhnik pengamanan data yang dilakukan!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

14.    Sebutkan bentuk-bentuk cybercrime!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

15.    Sebutkan usaha-usaha yang dapat Anda  lakukan untuk mencegah terjadinya cybercrime!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
KEGIATAN PEMBELAJARAN  1
1.    Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan  internet

2.    Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian dasar Internet


3.    Indikator  Pencapaian  Hasil Belajar
1.    Menjelaskan pengertian internet
2.    Menyebutkan beberapa manfaat internet
3.    Menyebutkan beberapa software aplikasi internet
4.    Menggunakan salah satu aplikasi internet
5.    Menjelaskan beberapa penggunaan internet yang lebih besar

4. Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5. Pokok Bahasan
1.1 Pengantar
1.2 Pengenalan Internet
1.3 Internet dan Pemanfaatannya
1.4 Berbagai Aplikasi dari Internet
1.5 Penggunaan Internet
A.    Prosedur
1.    Internet merupakan komunikasi antar komputer, maka setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet itu harus saling mengenal. Untuk mengenali antar komputer, digunakan ciri pengenal alamat yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP)  address.  Bukalah komputer Anda  kemudian carilah nomor IP address salah satu komuter yang terkoneksi. Tuliskan nomor IP komputer tersebut !
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

2.    Untuk mengakses situs web tertentu, Anda  tinggal mengetik alamat di komputer Anda. Ada program tertentu yang fungsinya untuk menjalankan internet, salah satunya adalah internet explorer. Internet dapat merepresentasikan semua sifat manusia, maka hampir semua kegiatan manusia juga dapat dilakukan di internet. Sebutkan beberapa hal umum yang dapat dilakukan di internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

3.    Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi infomasi. Aplikasi-aplikasi internet kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya.  Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, sebutkan beberapa aplikasi yang paling banyak dikenal dan digunakan. Berdasar aplikasi yang ada di internet, sebutkan beberapa keuntungan internet yang dapat Anda  rasakan!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

4.    Internet dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. Selain itu, internet juga mempunyai jaringan yang sangat luas yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat Internet sudah banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak kegiatan kehidupan Anda  sehari-hari yang terkait dengan internet.  Sebutkan berbagai pemanfaatan internet untuk menunjang bisnis!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

B. Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan modul 7 dan pengalaman yang lain!
1.    Istilah internet pada mulanya dikenal dengan sebutan  apa?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

2.    Ada banyak kelebihan yang ditawarkan internet, sebutkan beberapa kelenihan internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

3.    Sebutkn aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan surat dalam bentuk elektronik!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

4.    Sebutkan aplikasi untuk transaksi file yang dapat dilakukan dengan cepat!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

5.    Ebutkan beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk diskusi!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

6.    Berapa jarak titik akses yang masih dapat menangkap sinyal WiFi!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

7.    Sebutkan perangkat yang terdapat pada sebuah hotspot WiFi!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

8.    Sebutkan ciri-ciri GPRS!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

9.    Sebutkan jaringan yang dapat mencakup sebuah negara!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

10.    Sebutkan beberapa manfaat dari jaringan komputer!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
11.    Jelaskan beberapa keuntungan dari keberadaan intenet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

12.    Jelaskan secara umum  beberapa dampak negatif intenet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

13.    Jelaskan secara umum persyaratan menggunakan fasilitas internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

14.    Jelaskan fasilitas yang tersedia di dalam internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

15.    Jelaskan langkah-langkah atau prosedur mengembangkan internet di rumah!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

16.    Menurut Anda, mengapa internet dapat berkembang dengan  pesat?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

17.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan FTP dan untuk apa FTP digunakan!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

18.    Jelaskan perbedaan antara e-mail dengan milis!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

19.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan newsgroup dan sebutkan manfaatnya!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

20.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan WWW!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

1.    Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan  internet

2.    Kompetensi Dasar
Menjelaskan pengertian dasar Internet

3.    Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1.    Menyebutkan jenis-jenis sisten jaringan komputer
2.    Menjelelaskan pengertian ISP
3.    Melakukan koneksi komputer dengan ISP
4.    Melakukan akses ke internet
5.    Menyebutkan komponen yang berkaitan dengan kecepatan transfer informasi internet

4.    Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5.    Pokok Bahasan
2.1 Pengantar 
2.2 Sistem Jaringan Internet
2.3 Internet Service Provider
2.4 Berapa Kecepatan Transfer Data di Internet
Rangkuman

Berdasarkan pada teknologi yang digunakan dan lingkup area geografi, sebutkan secara umum pengelompokkan sistem jaringan komputer.

A.  Prosedur

Lakukan langkah-langkah untuk menghubungkan komputer ke internet seperti berikut :
1.    Carilah shortcut TelkomNet Instant di desktop. Klik dua kali shortcut tersebut.
Kotak dialog connect TelkomNet akan ditampilkan.
2.    Klik tombol dial.
Kotak dialog proses koneksi akan ditampilkan.
3.    Kadang-kadang proses koneksi gagal. Hal ini disebabkan karena jalur telepon yang sibuk dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, kliklah tombol redial.
4.    Bila proses koneksi berhasil, maka akan dilakukan proses verifikasi username dan password. Tunggu sampai proses tersebut selesai.
5.    Bila proses verifikasi username dan password berhasil, maka akan dilakukan registrasi komputer Anda  di internet . Tunggu sampai proses tersebut selesai.
6.    Bila proses registrasi selesai, maka kotak dialog connectingTelkomNet akan ditutup dan akan muncul ikon TelkomNet di taskbar. Di ikon tersebut juga akan ditampilkan kecepatan akses komputer Anda  ke internet .
7.    Selanjutnya Anda  dapat  menggunakan internet.

Lakukan langkah-langkah untuk memutuskan koneksi ke Internet sebagai berikut.
1.    Klik ikon TelkomNet di taskbar.
Kotak dialog akan ditampilkan.
2.    Pada kotak dialog Anda  dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses.
3.    Klik tombol disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet  atau klik tombol cancel untuk kembali bekerja dengan internet .

B.    Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasar buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini !
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan ISP!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

2.    Sebutkan kriteria pemilihan sebuah ISP!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

3.    Apa yang dimaksud dengan bps?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

4.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan bandwidth!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

5.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan server proxy!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
   
Penilaian Uji Kompetensi
No. Soal    Skor
1    2
2    2
3    2
4    2
5    2
Jumlah    10

Nilai = Skor yang diperoleh  x 100
          Skor  Maksimum

Nilai = Skor yang diperoleh  x 100
                10

Nilai = ___________



KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

1.    Standar Kompetensi
    Memahami dasar-dasar penggunaan  internet

2.    Kompetensi Dasar
    Menjelaskan pengertian dasar internet

3.    Indikator  Pencapaian  Hasil Belajar
1.    Menyebutkan beberapa perangkat keras untuk sarana internet
2.    Melakukan instalasi perangkat keras internet
3.    Menyebutkan beberapa perangkat lunak untuk sarana internet
4.    Melakukan instalasi perangkat lunak internet

4.    Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5.    Pokok Bahasan
3.1 Pengantar
3.2 Perangkat Keras untuk Akses Internet
3.3 Menginstall Modem
3.4 Perangakat Lunak untuk Akses Internet
Rangkuman

A. Prosedur

Lakukan langkah-lagkah  menginstall modem internal  seperti berikut:
1.    Pastikan modem Anda sudah terpasang pada communication port yang kosong dan dalam keadan hidup. Bila modem yang digunakan adalah modem internal, pastikan modem sudah terpasang dengan baik, setelah itu hidupkan komputer.
2.    Klik start, pilih settings, pilih control panel. Maka akan muncul windows control panel.
3.    Pada windows control panel, pilih ikon modem dan klik dua kali sehinga muncul windows instal new modem (jika pada windows sudah pernah di-install modem.
Maka akan tampil windows modem properties. Bila anda ingin menambah driver mo-dem baru, klik add).
4.    Windows dapat mela-kukan deteksi otomatis terhadap perangkat mo-dem yang telah ter-pasang pada PC Anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh windows. Apabila anda memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak don’t detect my modem, lalu klik next.
5.    Bila modem yang terpasang terdeteksi oleh windows, maka akan muncul pesan : The following modem has found on communication port : Com1/ Com2. Pada bagian tengah akan muncul nama modem yang ditemukan, misalnya : standard modem.
6.    Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file  driver (dalam disket/CDROM), sebaiknya Anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kbps, fax, voice, dan lain-lain). Untuk itu pilih kotak don’t detect my modem, dan tekan next.
7.    Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh windows. Pilih type modem yang sesuai dengan mo-dem anda, lalu tekan next.
8.    Apabila anda tidak memiliki file  driver, maka Anda dapat memilih type standard modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 7.
9.    Apabila Anda memiliki file  driver (disket/CDROM) yang disediakan vendor modem (pabrik), maka pasang disket/CDROM tersebut, lalu tekan tombol have disk.
10.    Pada menu selan-jutnya ditampilkan windows install from disk. Masukkan disket/CDROM yang berisi file  driver modem anda, pilih drive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggu-nakan menu brow-ser).
11.    Apabila file  driver berhasil di ambil, maka akan muncul windows mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan next.
12.    Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan next.

13.    Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda.
14.    Klik finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet .


B. Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasar buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini ! 
1.    Sebutkan dua jenis modem, dan jelaskan apa kelebihan dan kekurangan masing-masing modem!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

2.    Mengapa Anda  harus meng-install modem sebelum digunakan?
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

3.    Jelaskan apa fungsi driver dari sebuah hardware!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

4.    Jelaskan langkah-langkah untuk menampilkan control panel!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................

5.    Sebutkanlah beberapa contoh perangkat lunak yang perlu Anda  persiapkan sebelum Anda  menggunakan aplikasi internet!
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Penilaian :
No. Soal    Skor

1    1
2    2
3    1
4    1
5    2
Jumlah    15

KEGIATAN PEMBELAJARAN 4


1.    Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan  internet


2.    Kompetensi Dasar
Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet

3.    Indikator  Pencapaian  Hasil Belajar
1.    Menyebutkan salah satu model komputer ke intenet
2.    Menggambar model koneksi dial up
3.    Menjelaskan prinsip GPRS
4.    Menjelaskan prinsip WiFi
5.    Menjelaskan prindip jaringan TV kabel

4. Alokasi Waktu : 2 Jam pelajaran
5. Pokok Bahasan
4.1 Pengantar
4.2 Jaringan Internet
4.3 Saluran Telepon Langsung
4.4 Jaringan GPRS
4.5 Jaringan WiFi
4.5 Jaringan TV Kabel

A. Prosedur

Lakukan langkah-langkah menghubungkan komputer dengan ISP adalah berikut ini.
1.    Aktifkan komputer sampai muncul tampilan start menu.
2.    Klik menu start, pilih setting dan kemudian klik control panel.
3.    Klik network connections.
4.    Yakinkan sudah terdapat TelkomNet Instant kemudian klik ikon tersebut dan ikuti langkah selanjutnya.
5.    Klik create a new connection kemudian klik tombol next.
6.    Pilih connect to the internet kemudian klik tombol next. 
7.    Pilihan set up my connection manually, kemudian klik next.
8.    Pilih connect using a dial-up modem, klik tombol next.
9.    Pilihlah modem yang digunakan kemudian klik tombol next. 
10.    Masukkan nama ISP yang Anda  gunakan : TelkomNet,  kemudian klik tombol next. 
11.    Masukkan nomor telepon untuk akses internet. Nomor telepon yang digunakan oleh TelkomNet Instan adalah 080989999, kemudian klik tombol next.
12.    Isikanlah user name dengan: telkomnet@instant, password dan confirm password dengan: telkom, kemudian klik tombol next. 
13.    Tampilkan shortcut TelkomNet Internet di desktop dengan memberi tanda cek di kotak cek add a shortcut to this connection to my dekstop, kemudian klik tombol finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang Anda  lakukan.
14.    Klik tombol dial untuk memulai koneksi ke internet.


B.  Uji Kompetensi
Jawablah pertanyan di bawah ini berdasarkan buku paket dan pengalaman praktik pada LKS ini!
1.    Seb utkan sifat-sifat e-mail!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

2.    Sebutkan beberapa keuntungan dari POP mail!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

3.    Sebutkan kelemahan dari POP mail!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

4.    Sebutkan hal-hal yang  merupakan keuntungan dari webbased mail!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

5.    Sebutkan beberapa hal yang  merupakan kerugian dari Email Forwarding!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

6.    Sebutkan beberapa etika ber e-mail yang harus Anda  patuhi!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

7.    Sebutkan sifat-sifat dari kartu elektronik!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

8.    Sebutkan beberapa hal yang  perlu dipertimbangkan sebelum bergabung dengan milis tertentu!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

9.    Sebutkan kotak dialog yang digunakan untuk memilih file pada saat akan menyertakannya di e-mail!
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

10.    Sebutkan tipe file yang dapat disertakan sebagai file attachment!
 ..............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

11.    Sebutkan dua jenis modem, dan jelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing modem!
..............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

12.    Jelaskan mengapa harus meng-install modem sebelum digunakan?
..............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

13.    Jelaskan fungsi driver dari sebuah hardware!
..............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................

14.    Sebutkanlah beberapa contoh perangkat lunak yang perlu dipersiapkan sebelum menggunakan aplikasi internet!
..............................................................................................................................
...............................................................................................................................
...............................................................................................................................
ELABORASI, EKSPLORASI, DAN KONFIRMASI
PARADIGMA BEHAVIORISME DAN KOGNITIVISME Behaviorisme adalah teori yang berlandaskan pada prinsip stimulus-respon. Menurut teori ini seluruh perilaku manusia muncul karena rangsangan eksternal. Tokoh yang berkontribusi pada teori ini di antaranya adalah Ivan Pavlov. Dengan menggunakan teori itu sebagai dasar pengelolaan kegiatan pembelajaran, peran utama pendidik sebagai faktor eksternal harus memberikan rangsangan kepada siswa agar siswa mampu merespon dengan baik serta meningkatkan perhatian atas apa yang harus dipelajarinya. Guru juga berperan agar respon yang siswa berikan diarahkan pada prilaku yang guru harapkan. Tidak semua pakar sependapat dengan teori itu. Alasannya, respon dalam teori behaviorisme hanya berlaku pada hewan. Secara faktual kekuatan pada diri manusia tidak sesederhana itu. Manusia sebagai makhluk yang berakal dapat menunjukkan tingkat aktivitas yang jauh lebih sempurna. Manusia dapat mengembangkan aktivitas pikirannya jauh lebih kompleks. Manusia tidak hanya dapat merespon, namun dapat mengembangkan potensi pikirannya tanpa ada stimulus dari luar dirinya sekalipun. Manusia menunjukan kelebihannya sebagai konsekuensi dari proses berpikir atas akal yang dimilikinya. Sekali pun prilaku siswa menunjukan kompleksitasnya, namun perubahan perilaku siswa dapat diamati terutama dari hasil belajarnya. Pandangan seperti ini muncul dari pihak yang pro kognitivisme. Penganut kognitivisme mengibaratkan pikiran manusia seperti komputer; mendapat input informasi, memproses informasi, dan menghasilkan outcomes tertentu. Alur sistem ini selanjutnya dijadikan landasan dalam meningkatkan mutu belajar. Para ahli dari kelompok kognitif pada dasarnya berargumen bahwa “kotak gelap” otak manusia itu harus dibuka dan dipahami. Para pembelajar dipandang sebagai prosesor informasi dalam komputer. Oleh karena itu terdapat beberapa kata kunci dalam usaha memahami kecakapan berpikir seperti : skema, pengolahan informasi, manipulasi simbol, pemetaan informasi, penafsiran informasi, dan mental model. Studi kognitivisme berfokus pada kegiatan batin atau mental, membuka kotak gelap pikiran manusia agar dapat memahami bagaimana orang belajar. Proses mental seperti berpikir, mengingat, mengetahui, memahami, memecahkan masalah perlu dicermati dengan teliti. Pengetahuan dapat dipahami sebagai skema atau konstruksi simbol-simbol mental. Belajar dipandang sebagai proses perubahan pada pikiran siswa. Elaborasi Kognitivisme memiliki beberapa cabang ilmu, di antaranya teori asimilasi, atribusi, pertunjukkan komponen, elaborasi, mental model, dan pengembangan kognitif. Teori elaborasi adalah teori mengenai desain pembelajaran dengan dasar argumen bahwa pelajaran harus diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi. Pengertian ini dirumuskan Charles Reigeluth dari Indiana University dan koleganya pada tahun 1970-an. Konsep ini memiliki tiga kata kunci yang fokus pada urutan elaborasi konsep, elaborasi teori, dan penyederhanaan kondisi. Pembelajaran dimulai dari konsep sederhana dan pekerjaan yang mudah. Bagaimana mengajarkan secara menyeluruh dan mendalam, serta menerapkan prinsip agar menjadi lebih detil. Prinsipnya harus menggunakan topik dengan pendekatan spiral. Sejumlah konsep dan tahapan belajar harus dibagi dalam “episode belajar”. Selanjutnya siswa memilih konsep, prinsip, atau versi pekerjaan yang dielaborasi atau dipelajari. Pendekatan elaborasi berkembang sejalan dengan tumbuhnya perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa sebagai kebutuhan baru dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran. Dari pikiran Reigeluth lahirlah desain yang bertujuan membantu penyeleksian dan pengurutan materi yang dapat meningkatkan pecapaian tujuan. Para pendukung teori ini juga menekankan pentingnya fungsi-fungsi motivator, analogi, ringkasan, dan sintesis yang membantu meningkatkan efektivitas belajar. Teori ini pun memberikan perhatian pada aspek kognitif yang kompleks dan pembelajaran psikomotor. Ide dasarnya adalah siswa perlu mengembangkan makna kontekstual dalam urutan pengetahuan dan keterampilan yang berasimilasi. Menurut Reigeluth (1999), teori elaborasi mengandung beberapa nilai lebih, seperti di bawah ini. • Terdapat urutan instruksi yang mencakup keseluruhan sehingga memungkinkan untuk meningkatkan motivasi dan kebermaknaan. • Memberi kemungkinan kepada pelajar untuk mengarungi berbagai hal dan memutuskan urutan proses belajar sesuai dengan keinginannya. • Memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan cepat. • Mengintegrasikan berbagai variabel pendekatan sesuai dengan desain teori. Teori elaborasi mengajukan tujuh komponen strategi yang utama, (1) urutan elaborasi (2) urutan prasyarat belajar (3) ringkasan (4) sintesis (5) analogi (6) strategi kognitif, dan (7) kontrol terhadap siswa. Komponen terpenting yang melandasi semua itu adalah perhatian. Semua stratregi itu harus berlandaskan pada materi dalam bentuk konsep, prosedur, dan prinsip. Hal itu terkait erat dengan proses elaborasi yang berkelanjutan, melibatkan siswa dalam pengembangan ide atau keterampilan dalam aplikasi praktis. Strategi ini memungkinkan siswa untuk menambahkan sendiri ide dalam menguatkan pengetahuannya. Contoh yang tepat untuk ini adalah peserta didik yang memiliki daftar contoh konsep atau sifat yang dapat bermanfaat. Eksplorasi Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman atas suatu fenomena (American Dictionary). Strategi yang digunakan memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan menerapkan strategi belajar aktif. Pendekatan pembelajaran yang berkembang saat ini secara empirik telah melahirkan disiplin baru pada proses belajar. Tidak hanya berfokus pada apa yang dapat siswa temukan, namun sampai pada bagaimana cara mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Istilah yang populer untuk menggambarkan kegiatan ini ialah “explorative learning”. Konsep ini mengingatkan kita pada pernyataan Lao Tsu, seorang filosof China yang menyatakan “I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand.” Jaringan komputer pada saat ini telah dikembangkan menjadi media yang efektif sebagai penunjang efektifitas pelaksanaan pembelajaran eksploratif. Salah satu model yang dikembangkan oleh Heimo adalah Architecture of Integrated Information System sebagai model terintegrasi yang menggambarkan kompleksnya proses pembelajaran yang efektif dan interaktif. Pendekatan belajar yang eksploratif tidak hanya berfokus pada bagaimana mentransfer ilmu pengetahuan, pemahaman, dan interpretasi, namun harus diimbangi dengan peningkatan mutu materi ajar. Informasi tidak hanya disusun oleh guru. Perlu ada keterlibatan siswa untuk memperluas, memperdalam, atau menyusun informasi atas inisiatifnya. Dalam hal ini siswa menyusun dan memvalidasi informasi sebagai input bagi kegiatan belajar (Heimo H. Adelsberger, 2000). Peta Konsep yang dikembangkan oleh Laurillard (2002) dalam tulisan Heimo menunjukan kompleksitas kegiatan eksplorasi dalam proses pembelajaran yang mengharuskan adanya proses dialog yang (1) interaktif (2) adaptif, interaktif dan reflektif (3) menggambarkan tingkat-tingkat penguasaan pokok bahasan (4) menggambarkan level kegiatan yang berkaitan dengan meningkatkan keterampilan menyelesaikan tugas sehingga memeperoleh pengalaman yang bermakna. Ada pun konsep tersebut dapat disajikan seperti diagram di bawah ini : Pendekatan eksploratif berkembang sebagai pendekatan pembelajaran dalam bidang lingkungan atau sains. Sylvia Luretta dari Fakultas Pendidikan Queensland misalnya, mengintegrasikan pendekatan ini dengan lima faktor yang menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna, yaitu belajar aktif, belajar konstruktif, belajar intens, belajar otentik, dan kolaboratif yang menegaskan pernyataan bahwa pembelajaran eksploratif lebih menekankan pada pengalaman belajar daripada pada materi pelajaran. Terbukti bahwa dengan menggunakan model kooperatif dan kolaboratif dalam praktek pembelajaran pengelolaan kelas ternyata mampu meningkatkan kinerja belajar siswa dalam melakukan langkah-langkah eksploratif. Model pembelajaran ini dapat dikembangkan melalui bentuk pertanyaan. Seperti yang dikatakan oleh Socrates bahwa pertanyaan yang baik dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan lebih mendalam. Eksplorasi merupakan proses kerja dalam memfasilitasi proses belajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Siswa menghubungkan pikiran yang terdahulu dengan pengalaman belajarnya. Mereka menggambarkan pemahaman yang mendalam untuk memberikan respon yang mendalam juga. Bagaimana membedakan peran masing-masing dalam kegiatan belajar bersama. Mereka melakukan pembagian tugas seperti dalam tugas merekam, mencari informasi melalui internet serta memberikan respon kreatif dalam berdialog. Di samping itu siswa menindaklanjuti penelusuran informasi dengan membandingkan hasil telaah. Secara kolektif, mereka juga dapat mengembangkan hasil penelusuran informasi dalam bentuk grafik, tabel, diagram serta mempresentasikan gagasan yang dimiliki. Pelaksanaan kegiatan eksplorasi dapat dilakukan melalui kerja sama dalam kelompok kecil. Bersama teman sekelompoknya siswa menelusuri informasi yang mereka butuhkan, merumuskan masalah dalam kehidupan nyata, berpikir kritis untuk menerapkan ilmu yang dimiliki dalam kehidupan yang nyata dan bermakna. Melalui kegiatan eksplorasi siswa dapat mengembangkan pengalaman belajar, meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan serta menerapkannya untuk menjawab fenomena yang ada. Siswa juga dapat mengeksploitasi informasi untuk memperoleh manfaat tertentu sebagai produk belajar. Konfirmasi Kebenaran ilmu pengetahuan itu relatif. Sesuatu yang saat ini dianggap benar bisa berubah jika kemudian ditemukan fakta baru yang bertentangan dengan konsep tersebut. Oleh karena itu, sikap keilmuan selalu terbuka dalam memperbaiki pengetahuan sebelumnya berdasarkan penemuan terbaru. Sikap berpikir kritis dan terbuka seperti itu telah membangun sikap berpikir yang apriori, yaitu tidak meyakini sepenuhnya yang benar saat ini mutlak benar atau yang salah mutlak salah. Semua dapat berubah. Cara berpikir seperti itu tercermin dalam istilah mental model yang mendeskripsikan sikap berpikir seseorang dan bagaimana pikirannya berproses dalam kehidupan nyata. Hal tersebut merepresentasikan proses perubahan sebagai bagian dari persepsi intuitif. Mental model itu membantu seseorang dalam mendefinisikan maupun menetapkan pendekatan untuk memecahkan masalah (wikipedia). Dengan sikap berpikir seperti itu siswa dapat mengembangkan, mengembangkan ulang, dan menggugurkan pengetahuannya jika telah menemukan kebenaran yang lain. Mental model itu juga dapat melahirkan keraguan terhadap informasi yang diperolehnya. Untuk meningkatkan keyakinan akan kebenaran maka siswa dapat difasilitasi dalam mengembangkan model struktur segitiga yang mengintegrasikan pendekatan yang telah diuraikan sebelumnya yaitu eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi atau klarifikasi. Model ini dapat dinyatakan dalam diagram seperti tertuang di bawah ini. Mental model seperti tergambar di atas merupakan bagian dari keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan oleh guru. Dalam prakteknya guru meningkatkan kemampuan ini melalui pengembangan tulisan dengan menggunakan segi tiga mengenai suatu topik bahasan. Baik mengenai hal apa yang ingin diketahui siswa lebih jauh, seperti apa tingkat pemahaman dan penguasaan yang ingin dikembangkan siswa, dan keraguan apa yang melekat dalam pemahaman tersebut. Sikap keraguan itu perlu dijawab dengan mengkonfirmasikan terhadap unsur-unsur yang dapat meningkatkan kejelasan atas kebenaran suatu informasi. Siswa melakukan uji kesahihan apakah informasi yang dijadikan landasan kesimpulan itu benar-benar kuat. Penguatan itu sendiri diperoleh melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi dan klarifikasi atau konfirmasi yang diintegrasikan dalam model pembelajaran yang berstandar dengan merujuk pada paradigma kognitifisme. Model Rencana Pembelajaran Di bawah ini sebuah model Rencana Pembelajaran yang menerapkan pendekatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi atau klarifikasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan mengadaptasi model rencana pembelajaran di bawah ini : Support and Elaboration in Writing By – Rebecca Columbo Primary Subject – Language Arts Grade Level – 6-10 http://info.waldenu.edu/ Objective: The students will write paragraphs containing well-developed supports that clearly illustrate a character trait. Materials: • index cards • visual reference — overhead projector, dry erase board or handout reference sheet • four stacks of laminated cards — 20 of each variety: • character traits, • silly character cards, • problem cards, and • setting cards; and • sample paragraphs from students’ previous writings. Preparation: Laminated cards: • The character trait cards should display the character trait to be discussed as well as a simple definition of the trait. • The character cards should each have a picture of a fictitious character: i.e., superman, Scooby-doo, etc. • The problem cards should have a picture of something that could be the source of an external conflict: i.e., quicksand, Tyrannosaurus rex, etc. • The setting cards should each depict a fun, exciting, or imaginative location. Procedure: • Read two to three samples of student writing that clearly show inadequate elaboration. Brainstorm with the students the details that could have made the supports more complete. • List the words: “who,” “what,” “when,” “where,” “why,” and “how” on the board or projector as a visual reference. Instruct the students to use these words as a checklist to be sure that they have provided the necessary information to their readers. • Pick one card from each pile of cards. Create a silly story to model for the students; show your selected character trait in the chosen setting and in the given situation. • Divide the students into groups of two or three. Have each group choose a card from each pile. As a group, they should write a detailed paragraph on an index card that illustrates their character trait. • When the students are finished, collect the cards and read each as a story to the class. Have the class look for weaknesses such as missing information and inadequate support for the trait given. • Continue this process until the students are able to write well-developed supports for a given trait. Suggestion for Assessment: • Have the students return to their own desk. • Write the following words across the board. Under each word, write five options.”Character Trait,” “Character,” “Problem,” “Setting” • Instruct the students to work individually to write a well-developed paragraph on their index card that clearly supports their character trait. They can choose traits, characters, problems, and settings from those chosen on the board. Di bawah ini model RPP hasil adaptasi dari model di atas : Tujuan Siswa menuliskan sebuah paragraf yang secara jelas menggambarkan suatu karakter. Bahan : • Kartu indeks • Referensi visual, LCD, atau papan tulis atau handout • 4 jenis kartu dengan masing-masing 20 kartu per jenis 1. Kartu sifat manusia 2. Kartu karakter seseorang 3. Kartu masalah 4. Kartu latar seperti tempat, waktu, zaman • Contoh paragraf yang pernah ditulis oleh siswa Persiapan Kartu • Kartu indeks (daftar kata) • Kartu sifat manusia yang menampilkan sifat yang akan didiskusikan dan mencantumkan definisi sederhana dari sifat tersebut • Pada kartu karakter harus mencantumkan satu gambar tokoh fiksi seperti superman atau scooby-doo, doraemon dll. • Kartu masalah harus mencantumkan suatu gambar yang bisa menjadi sumber konflik eksternal seperti Giant pada Doraemon, Joker pada Batman, Tom pada Jerry. • Kartu latar/setting harus dapat menggambarkan suatu lokasi, waktu, kondisi,atau suasana yang menyenangkan, menggembirakan, menyedihkan, serta dapat dibayangkan. Prosedur • Baca dua hingga tiga contoh paragraf yang siswa hasilkan sebelumnya, jabarkan kandungannya dan elaborasi secara memadai sehingga siswa memahami kekuatan dan kelemahannya. • Lakukan dialog dengan siswa mengenai detil-detil mana saja yang bisa membuat paragraf menjadi lebih lengkap dan baik. • Mintalah siswa untuk mengeksplorasi paragraf dari sumber lain sebagai pembanding. • Buatlah daftar kata tanya : “siapa”, “apa”, “kapan”, “dimana”, “mengapa” dan “bagaimana” pada papan tulis atau pada layar monitor sebagai referensi visual. • Perintahkan siswa untuk menggunakan kata-kata tersebut sebagai sebagai penanda analisis paragraf, mereka harus menjamin bahwa kandungan paragraf tersebut memberikan informasi yang cukup untuk para pembaca • Bagilah siswa menjadi 3 sampai 4 kelompok. Setiap kelompok mengambil setiap jenis kartu yang telah tersedia. Sebagai kelompok, mereka harus merancang, menuliskan, dan menyempurnakan paragraf secara detil pada suatu kartu indeks yang menggambarkan suatu sifat serta sifat yang bertentangan sebagai sumber konflik. • Saat siswa telah menyelesaikan tulisannya, kumpulkan kartu dan bacakan setiap tulisannya sebagai suatu cerita di depan kelas. Minta siswa untuk melihat mengelaborasi kelemahan seperti informasi yang kurang atau hilang, dukungan yang kurang memadai terhadap sifat yang mereka ingin gambarkan, konflik yang kurang kuat, serta seting yang kurang jelas. • Lakukan hal ini terus hingga siswa mampu untuk menulis suatu sifat dengan dukungan yang baik dengan dukungan konflik atau masalah dan seting yang menarik. Saran untuk penilaian • Minta siswa untuk kembali ke bangkunya semula • Tuliskan kata-kata berikut di papan tulis. Di bawah setiap kata, tulis lima pilihan • “ sifat”, “karakter”, “masalah”, “setting” • Perintahkan siswa untuk bekerja secara individual untuk menulis paragraf yang baik pada kartu indeks yang secara jelas mendukung sifat yang ingin mereka gambarkan. Mereka dapat memilih sifat, karakter, masalah dan seting dari setiap kata pada papan tulis.